aifpunews.com

media informasi masa kini

10 Pencarian Terpopuler di Google Tahun 2020 Ada Virus Corona & Kartu Prakerja KALEIDOSKOP 2020

Google telah merilis hasil pencarian terbanyak atau terpopuler sepanjang tahun 2020. Satu di antaranya yakni penelusuran terpopuler yang paling banyak dicari oleh orang Indonesia. Penelusuran yang paling banyak dicari mengenai Virus Corona, PSBB, Kartu Pra Kerja, Odaning hingga Google Classroom.

Diketahui, ada sejumlah kategori dalam daftar hal yang paling banyak dicari di dunia, termasuk Indonesia. Daftar tersebut disusun dalam sebuah rangkuman yang dijuluki Year in Search. Seperti tahun 2019, Year in Search 2020 menghadirkan 9 kategori daftar pencarian yang paling populer.

Nah, mengenai kategorinya, terdiri dari penelusuran populer, film populer, resep hingga lirik lagu populer. Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia, Fida Heyder mengatakan Year in Search 2020 ini sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan diwarnai dengan beragam tantangan.

“Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan," ujar Heyder dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana dikutip dari . Beragam tantangan memicu orang untuk mencari aneka hal baru di Google, salah satunya cara beradaptasi di kondisi normal baru (new normal). "Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan," kata Heyder.

Corona Virus Disease 2019 atau COVID 19 sedang mewabah di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Dikutip dari European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC), pada akhir Desember 2019, otoritas kesehatan masyarakat China melaporkan sejumlah kasus sindrom pernafasan akut di Kota Wuhan, provinsi Hubei, China. Ilmuwan China segera mengidentifikasi virus Corona baru sebagai agen penyebab utama.

Penyakit ini sekarang disebut sebagai Corona Virus Disease 2019 atau COVID 19. Penyebab COVID 19 disebut sindrom pernafasan akut parah Corona Virus 2 (SARS CoV 2). Ini adalah jenis baru virus corona yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

Dilansir , wabah awal di Wuhan menyebar dengan cepat, mempengaruhi wilayah lain di China. Kemudian, kasus tersebut menyebar ke berbagai belahan. Hampir di setiap benua terdapat negara yang terjangkit virus Corona seperti Asia, Eropa, Australia, Afrika dan Amerika.

Bila dilihat dari grafik di Google Trends, Virus Corona banyak dicari pada bulan Maret 2020. Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) merupakan istilah kekarantinaan kesehatan di Indonesia. PSBB merupakan salah satu jenis penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan di wilayah, selain karantina rumah, karantina rumah sakit, dan karantina wilayah.

Tujuan PSBB yaitu mencegah meluasnya penyebaran penyakit kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) yang sedang terjadi antarorang di suatu wilayah tertentu. Dilansir , Progam Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid 19 serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Adapun, persyaratan prakerja meliputi WNI, usia diatas 18 tahun, dan tidak dalam sedang pendidikan formal.

Persyaratan prakerja meliputi WNI, usia diatas 18 tahun, dan tidak dalam sedang pendidikan formal. Saat ini, program Kartu Prakerja sampai pada gelombang 11, namun belum dipastikan apakah pendaftaran Prakerja akan dibuka kembali. Adanya peningkatan aktivitas bersepeda atau yang biasa disebut gowes tengah menjadi perbincangan publik.

Pasalnya, jumlah pesepeda di Indonesia kian naik selama masa PSBB yang diberlakukan di berbagai daerah. Hasil pengamatan Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia menyatakan kalau jumlah pesepeda telah melonjak hingga 1000 persen. Kendati demikian, pasar penjualan sepeda offline dan online dikabarkan terus meningkat.

"Target penjualan bulan Juni saja dicapai cuma dalam 2 minggu," ungkap salah satu pegawai toko waralaba sepeda saat dihubungi oleh . Ia menambahkan bahwa penjualan di bulan tersebut lebih banyak terjadi dengan sistem transaksi online melalui situs web. Odading mendadak viral setelah beredarnya video penjual kuliner bernama Mang Sholeh (Oleh) di media sosial.

Hingga kuliner khas Bandung, odading dan cakue Mang Sholeh (Oleh) ramai diperbincangkan masyarakat. Dalam video dengan gaya nyeleneh yang viral di media sosial, disebutkan memakan odading membuat orang orang merasa sebagai 'Iron Man'. Kudapan khas Bandung tersebut semakin ramai diperbincangkan setelah video review kuliner yang dibuat artis Instagram Ade Londok viral di media sosial, sebagaimana dilansir .

Dilansir , Glenn Fredly Deviano Latuihamallo atau yang dikenal dengan nama panggung Glenn Fredly lahir di Jakarta pada 30 September 1975. Penyanyi ini menekuni aliran pop dan R&B pada musik musik yang dibuatnya. Hampir semua lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh Glenn Fredly laris dan bertahan lama.

Lagu lagu tersebut, antara lain, Januari, Terserah, Sekali Ini Saja, dan Kisah Romantis. Banyak penghargaan yang pernah diraihnya. Mulai dari AMI Awards For Best Urban Production Work Kasih Putih (2001), Piala Maya untuk kategori Lagu Tema Terpilih Lights From The East: I Am Maluku dan Tinggikan (2014), hingga Piala Maya untuk kategori Lagu Tema Terpilih Kembali Ke Awal (2020).

Hand sanitizer merupakan cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Saat ini, penyanitasi tangan berbasis alkohol banyak disediakan di berbagai situasi di tempat pelayanan kesehatan atau tempat umum. Apalagi di tengah situasi Pandemi Covid 19 di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Lagu Lathi merupakan karya grup musik elektronik Weird Genius yang berkolaborasi dengan Sara Fajira. Diketahui, lagu ini viral hingga mancanegara. Lagu Lathi memiliki makna tentang hubungan asmara tak sehat atau toxic relationship .

Omnibus law jadi kontroversi dan ditolak mati matian oleh kalangan buruh, sebagaimana dilansir . Secara terminologi, omnibus berasal dari Bahasa Latin yang berarti untuk semuanya. Dalam konteks hukum, omnibus law adalah hukum yang bisa mencakup untuk semua atau satu undang undang yang mengatur banyak hal.

Dengan kata lain, omnibus law artinya metode atau konsep pembuatan regulasi yang menggabungkan beberapa aturan yang substansi pengaturannya berbeda, menjadi satu peraturan dalam satu payung hukum. RUU Cipta Kerja hanya salah satu bagian dari omnibus law. Google Classroom merupakan layanan web gratis yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah.

Bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. 1. Ghosting 2. Gabut 3. Lockdown 4. Rebahan 5. WFH 1. Bintang Emon 2. Hyun Bin 3. Kim Soo Hyun 4. Najwa Shihab 5. George Floyd

1. Cara Daftar UMKM 2. Cara Menjadi YouTuber Pemula 3. Cara Menjadi Reseller 4. Cara Membuat Hand Sanitizer 5. Cara Menjadi Terkenal 1. Glenn Fredly 2. Didi Kempot 3. Omas 4. Kobe Bryant 5. Chadwick Boseman 1. Donat 2. Dalgona Coffee 3. Odading 4. Bakso Mercon 5. Rendang Sapi

1. Lathi Weird Genius ft. Sara Fajira 2. Dynamite BTS 3. Psycho Red Velvet 4. Cuek Rizky Febian 5. Menghapus Jejakmu Bunga Citra Lestari ft Ariel Noah 1. Tilik 2. Crash Landing on You 3. Milea 4. The World of The Married 5. Mariposa 1. Kartu Pra Kerja 2. Daftar UMKM Online 3. Stimulus PLN 4. Omnibus Law 5. Sunda Empire

Perlu dicatat, daftar ini disusun berdasar topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnya, bukan berdasar tingkat popularitas (jumlah/banyak) penelusuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *