aifpunews.com

media informasi masa kini

19.032 Siswa Ikuti Festival Seni Kemendikbud Secara Virtual

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional Tahun 2020 secara virtual. Ajang ini untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus. "FLS2N secara daring tahun ini menjadi peluang berkreasi dan berinovasi dalam masa pandemi, sehingga kita tetap bisa mengembangkan talenta talenta siswa yang kita punya," tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Na’im melalui keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Sebanyak19.032karya siswa dari berbagai jenjang akan diperlombakan pada ajang ini. Karya peserta yang mengikuti festival ini yakni 1.513 (SD), 1.503 (SMP),12.879(SMA), 2.821 (SMK), 333 (Pendidikan Khusus). Ainun mengatakan melalui ajang ini pemerintah bisa menggali, mengidentifikasi dan mengembangkan talenta dari generasi muda di tanah air. "Kita yakin banyak sekali talenta yang akan muncul dan dapat dikembangkan sehingga bisa berkontribusi bagi bangsa," tutur Ainun.

FLS2N tahun ini juga diikuti oleh peserta didik dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) mulai tingkat pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. Untuk jenjang SMA SILN mengirimkan 74 karya. Bidang bidang yang dilombakan pada FLS2N 2020 beragam dan tak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Pada jenjang SD, bidang yang dilombakan adalah Seni Tari, Menyanyi Tunggal, Kriya Anyam, Gambar Bercerita, dan Pantomim.

Jenjang SMP melombakan Tari kreativitas tradisional, musik tradisional, menyanyi solo, gitar duet, dan desain poster. Pada jenjang SMA, dilombakan Baca Puisi, Gitar Solo, Teater Monolog, Tari Kreasi, Vokal Solo, Desain Poster, Film Pendek, Kriya, dan Komik Digital. Pada jenjang SMK, bidang lomba terdiri dari Menyanyi Solo, Gitar Solo, Teater Monolog, Film Pendek, Tari Tradisional, dan Musik Tradisi Daerah. Jadwal pelaksanaan FLS2N Tingkat Nasional Tahun 2020 adalah: Jenjang SD dan SMP dilaksanakan pada 21 s.d. 26 September 2020, jenjang SMA dan SMK pada 28 September s.d. 4 Oktober 2020, dan Jenjang Pendidikan Khusus (Diksus) dilaksanakan pada 28 September s.d. 1 Oktober 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *