aifpunews.com

media informasi masa kini

38 Subtema 1 Pembelajaran 5 Keadaan Cuaca 37 35 KUNCI Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD Halaman 33

Inilah kunci jawaban Tema 5 untuk kelas 3 SD/MI pada buku tematik halaman 26, 27, 28, dan 30. Soal ini ada dalam Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Ada empat subtema dalam buku tematik kelas 3 SD Tema 5 yang berjudul Cuaca.

Pada subtema 1, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Keadaan Cuaca. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam buku tematik 5 subtema 1. Siti, Dayu, dan Lani bermain "Kumpul Kata." Begitu banyak kata berserakan di meja. Mereka akan mengumpulkan kata kata tentang cuaca. Ayo, kita bantu mereka mengumpulkan kata kata yang berhubungan dengan cuaca.

Jawaban: Setelah selesai mengumpulkan kata, buatlah kesimpulan pemahamanmu terhadap cuaca. Sampaikan pemahaman tersebut di depan kelas. Jawaban:

Cuaca adalah keadaan di atmosfer atau langit. Cuaca juga merupakan kondisi udara yang terjadi di suatu daerah atau wilayah dalam periode waktu tertentu. Cuaca bisa jadi hujan, cerah, atau mendung. Yang pasti, cuaca sangat berpengaruh terhadap aktivitas kita sehari hari. Saat cuaca hujan, langit cenderung mendung dan hawa dingin. Setelah tanah, bumi dan tumbuhan menjadi basah. Sementara saat cuaca panas, langit cenderung cerah dengan sedikit awan.

Siti, Dayu, dan Lani melanjutkan diskusi. Mereka berdiskusi tentang asal daerahnya. Daerah yang menjadi asal usul orang tua mereka. Dayu berasal dari Bali. Siti berasal dari Padang. Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda. Tahukah kamu makanan dan minuman khas daerahmu? Apa nama makanan dan minuman yang enak dinikmati pada saat cuaca hujan? Biasanya, saat hujan, kita menyantap makanan atau minuman yang menghangatkan tubuh.

Yuk, kita buatkan datanya. Data makanan dan minuman yang disantap saat cuaca hujan. Makanan khas sesuai daerah asalmu juga boleh. Tabel Makanan dan Minuman yang Nikmat Disantap Saat Hujan Jawaban:

Makanan dan minuman khas Indonesia sangat beragam. Dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan cuaca. Termasuk yang disantap saat cuaca hujan. Kita harus mensyukuri karunia Tuhan untuk hal ini. Kita memiliki beragam suku bangsa. Kita juga memiliki beragam budaya. Kita pun memiliki beragam jenis makanan dan minuman.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Ajaklah temanmu belajar tentang cuaca cerah dan hujan.

Lakukan sambil bermain tebak kata. Buatlah empat lingkaran di lapangan. Gurumu akan membagikan kartu kata.

Letakkan kartu kata pada lingkaran. Berdirilah di depan lingkaran. Ambil satu kartu kata.

Baca dan jelaskan arti kata tersebut. Berlarilah ke seberang lapangan. Letakkan kartu pada lingkaran cuaca yang tepat.

Ayo Menulis (Halaman 33) Ayo, kita buat kalimat untuk kata kata yang berhasil kamu dapatkan. 1. Saat cuaca cerah, Beni bermain bola di lapangan.

2. ……………………………………………………………………………………………….. 3. ……………………………………………………………………………………………….. 4. ………………………………………………………………………………………………..

5. ……………………………………………………………………………………………….. Jawaban: 1. Saat cuaca cerah, Beni bermain bola di lapangan.

2. Cuaca pada siang hari ini diramalkan akan turun hujan. 3. Cuaca panas membuat kita mudah haus. 4. Langit Surabaya kini sudah mulai terlihat mendung.

5. Pada saat musim kemarau udara sangat panas. Festival ragam makanan akan dilaksanakan besok. Udin, Beni, Siti, dan teman teman mulai sibuk. Mereka mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka akan membawa makanan sesuai daerah asalnya. Hari ini mereka akan menghias kelas. Ruang festival akan menjadi lebih meriah.

Udin membagi kelompok kerja teman teman. Kelompok Beni bertugas menyusun meja dan kursi. Mereka membaginya berdasarkan nama pulau besar di Indonesia. Kelompok Siti bertugas membuat daftar makanan. Apa saja makanan yang akan dipamerkan saat festival? Daftar makanan ditulis di karton besar. Kelompok Lani bertugas menjadi penerima tamu. Mereka juga akan mengatur acara festival. Acara akan menjadi lebih tertib dan teratur.

Kelompok Edo bertugas menyiapkan musik dan lagu. Musik dan lagu untuk mengiringi acara festival. Acara festival akan menjadi lebih meriah. Kelompok Dayu akan menyiapkan hiburan. Hiburan pembuka berupa tarian daerah. Tarian daerah untuk menyambut para tamu yang hadir. Kamu pun dapat membagi tugas untuk teman teman di kelas.

Isilah tabel di bawah ini. Jawaban: Perbedaan adalah karunia dari Tuhan. Perbedaan menunjukkan bahwa kita bangsa yang kaya. Perbedaan hendaknya membuat kita makin bangga. Bangga menjadi anak Indonesia. Kita tetap harus saling menghormati. Kita juga harus menjaga persatuan bangsa.

Festival makanan telah tiba. Udin membawa kue cucur khas Betawi. Hari ini Udin membawa contoh untuk dicicip teman teman sekelas. 1. Satu kue cucur dibagi dua untuk Siti dan Lani. Masing masing mendapat seperdua (1/2).

2. Satu kue cucur lainnya dibagi tiga untuk Beni, Edo, dan Udin. Masing masing mendapat sepertiga (1/3). 3. Satu lagi kue cucur dibagi empat untuk teman teman lainnya. Masing masing mendapat seperempat (1/4). Manakah yang besar nilainya antara 1/2, 1/3, dan 1/4?

Jawaban: Yang paling besar nilainya 1/2 Siti dari Padang membawa contoh Lamang. Lamang adalah makanan khas dari Padang. Satu batang Lamang dipotong menjadi 20. Siti membaginya untuk teman teman.

Satu batang lamang Siti bagi untuk 5 orang. Masing masing mendapat 5/20 atau sama dengan 1/4 (seperempat batang). Satu batang lagi Siti bagi untuk 10 orang. Masing masing mendapat 2/20 atau sama dengan 1/10 (sepersepuluh batang). Manakah nilai yang lebih besar antara 5/20 atau 2/20?

Jawaban: Nilai yang lebih besar adalah 5/20 Siapakah yang lebih banyak mencicipi lamang dari Padang? Apakah yang mendapat 5/20 atau 2/20 bagian? Jawaban: Yang lebih banyak mencicipi lamang dari Padang 5/20

Tulislah pecahan berikut ini sesuai dengan gambar yang ada. Jawaban: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *