aifpunews.com

media informasi masa kini

4 Tips Pola Makan yang Bisa Mempertahankan Kesehatanmu

Pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi memiliki efek yang sangat besar terhadap kesehatan tubuhmu. Munculnya penyakit serta menjaga kesehatan dapat kamu lakukan dari pola makan ini.

Berbagai pola makan yang mudah diterapkan ini dapat menjadi cara untuk mempertahankan kesehatan tubuhmu. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah pola makan sederhana yang bisa menjaga kesehatanmu

1. Makan Saat Kamu Lapar

Normalnya, manusia memang akan makan ketika mereka merasa lapar. Namun kondisi mental dan emosional sendiri menyebabkan manusia sering mengonsumsi apapun tanpa terkendali atau seringkali disebut dengan emotional eating. Hasilnya, tentu saja badan jadi melar.

Hal ini bisa bertambah parah jika kamu memiliki kebiasaan untuk ngemil sambil menonton TV yang bisa bermuara pada tidak sehatnya dan melarnya kondisi tubuh. Oleh karena itu, jika kamu ingin kondisi kesehatanmu tetap terkontrol, makanlah saat kamu benar-benar merasa lapar.

Perbanyak Air Putih dan Sayuran

2. Perbanyak Air Putih

Air putih merupakan minuman nomor satu yang sangat bermanfaat untuk kondisi tubuh. Minuman ini mengandung nol kalori dan tidak mengandung zat berbahaya lainnya.

Sebaiknya dalam berbagai keadaan, pilihlah air putih sebagai minuman utamamu dibandingkan minuman lainnya. Pasalnya, air putih juga bermanfaat sebagai alat untuk mendetoks tubuh.

3. Konsumsi Sayuran

Apapun keadaannya, konsumsilah sayuran sebanyak yang kamu bisa. Berbagai macam nutrisi, vitamin, mineral, maupun serat di dalamnya sangatlah penting untuk peningkatan kesehatan tubuhmu.

Perhatikan Jenis dan Pola Makan

4. Pilih Makanan Non-Olahan

Saat ini terdapat banyak makanan yang telah diolah terlebih dahulu sebelum dijual di pasaran. Ada begitu banyak makanan olahan di sekitarmu seperti sosis, jus buah kemasan, maupun camilan.

Untuk menjaga tubuh selalu sehat dan panjang umur, pilihlah makanan utuh minim olahan. Pasalnya, makanan yang utuh ini berarti kandungan vitamin di dalamnya juga tetap utuh dan tidak mendapatkan tambahan zat artifisial yang membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *