aifpunews.com

media informasi masa kini

5 Masakan Khas Indonesia Raja Ampat nan Memikat. Nomor 4 dan 5 Butuh Nyali Mencobanya.

Negara kita bukan hanya kaya akan sumber daya alam, budaya, keanekaragaman suku, dan adat istiadat, tetapi juga masakan khas Indonesia Tidak terhitung lagi makanan Indonesia yang menyebar di setiap daerah. Semuanya memiliki kekhasan masing-masing. 

 

Seperti kuliner Raja Ampat yang tentu saja menjadi salah satu daya dukung pariwisata di sana. 

Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya telah menjadi magnet yang luar biasa menarik bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Terletak di bagian barat pulau Papua, tepatnya di Papua Barat, Raja Ampat menjadi destinasi wisata bahari yang sudah cukup dikenal dunia. Terumbu karang dan beraneka ragam spesies ikan, hidup dengan baik di perairan Raja Ampat. 

Wisata bahari yang disajikan oleh Raja Ampat tentu saja kurang lengkap jika tidak ada kuliner yang tersedia secara khas di sana. Kuliner Raja Ampat sebagian besar merupakan makanan olahan hasil laut dan juga hasil hutan.

Bahan makanan dan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia di Raja Ampat berbeda dengan rempah-rempah di pulau Jawa. Hal ini membuat makanan khas Raja Ampat memiliki cita rasa dan juga aroma yang unik dan istimewa. 

 

5 Masakan Khas Indonesia di Raja Ampat yang Patut Dicoba

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang tidak sama antara satu daerah dengan lainnya. Makanan khas ini biasanya akan banyak dipengaruhi oleh kondisi alam dan juga sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Begitu juga dengan Raja Ampat yang merupakan daerah bahari. 

Berikut 5 kuliner Raja Ampat yang bisa Anda coba ketika mengunjungi Raja Ampat. 

  1. Ikan Bungkus

Hasil laut tentu saja akan dengan mudah dijumpai di Raja Ampat. 

Oleh karenanya, olahan hasil laut menjadi sangat mudah juga ditemukan di tempat ini. Salah satu olahan hasil laut yang wajib anda coba adalah ikan bungkus. 

Ikan segar yang diolah dengan aneka macam rempah khas Raja Ampat menjadikan masakan ini memiliki rasa dan aroma yang menggoda untuk disantap.

 

2. Udang Selingkuh

Apa yang muncul dalam benak Anda ketika mendengar nama kuliner yang satu ini? 

Udang selingkuh merupakan nama kuliner khas Raja Ampat yang cukup unik. Udang yang dimasak sebenarnya udang biasa, hanya saja karena udang tersebut memiliki capit, maka dianggap berselingkuh dengan kepiting. 

Nama yang unik tersebut cukup mampu menarik minat banyak pengunjung untuk mencicipi kelezatannya.

 

3. Martabak Sagu

Martabak sudah bukan lagi menjadi makanan yang asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Hampir di setiap daerah dapat dengan mudah dijumpai pedagang martabak. Namun, yang menjadikan martabak Raja Ampat menjadi istimewa adalah bahan baku yang digunakan. 

Apabila martabak yang biasa kita jumpai menggunakan bahan baku tepung terigu, maka martabak Raja Ampat menggunakan tepung sagu sebagai bahan bakunya. 

Tepung sagu dengan pemanis gula merah menjadikan martabak Raja Ampat ini wajib dicoba saat mengunjungi Raja Ampat.

 

4. Sate Ulat Sagu

Bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap makanan berprotein tinggi, sebaiknya Anda menghindari kuliner yang satu ini. 

Ulat sagu ini didapatkan dari larva kumbang merah yang tinggal di pohon sagu. 

Selain diolah sebagai masakan, ulat sagu yang disantap saat masih hidup menjadi kuliner istimewa bagi masyarakat Raja Ampat.

 

5. Cacing Laut

Mungkin banyak orang akan bergidik saat mendengar nama makanan ini. Membayangkan cacing ada di piring untuk kita santap. 

Cacing laut ini berbeda dengan cacing tanah. 

Cacing yang diburu dari laut, akan dibuang kepala dan ekornya sebelum dimasak. Cacing laut yang masih hidup berwarna putih, tetapi akan berubah menjadi kecoklatan saat sudah dimasak.

Dari kelima kuliner khas Raja Ampat tersebut di atas, makanan manakah yang akan Anda coba pertama kali ketika berkesempatan mengunjungi Raja Ampat? Selamat menikmati pesona keindahan alam bawah laut Raja Ampat dan juga masakan khas Indonesia Raja Ampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *