aifpunews.com

media informasi masa kini

7 Obat Tradisional Ampuh Sembuhkan Luka Borok & Koreng Apa Saja

Di masa pertumbuhan, anak anak memang sangat aktif bergerak. Saking aktifnya bermain, tak jarang anak anak terjatuh dan mengalami luka terbuka. Tak hanya terjatuh, borok juga bisa diakibatkan karena bisul yang sudah pecah.

Luka tersebut lama kelamaan akan mengering dan menjadi borok atau koreng. Tentu luka borok ini akan sangat mengganggu kegiatan anak anak. Terlebih jika borok ada di bagian kaki. Tak hanya itu, borok juga menyebabkan rasa gatal dan kekeringan pada kulit.

Tapi tidak perlu khawatir, ada beberapa ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan luka borok di rumah. Berikut ini sederet obat tradisional ala rumahan untuk menyembuhkan borok dan koreng: Singkirkan borok atau bisul menggunakan Lidah Buaya.

Gosok daun Lidah Buaya di daerah yang terkena. Ulangi metode ini 2 3 kali sehari. Pasalnya, aloe vera atau Lidah Buaya ini memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik yang tidak hanya menyembuhkan bisul tetapi juga mencegah perkembangan bakteri di sekitarnya. Selain itu, Lidah Buaya dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Minyak kelapa juga bisa menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan borok pada kaki. Gosokkan minyak kelapa ke area bisul atau borok. Lakukan setidaknya 2 3 kali sehari untuk hasil yang lebih baik. Minyak kelapa adalah anti bakteri dan anti inflamasi yang menyembuhkan bisul dan juga mengurangi gejalanya.

Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat, di antaranya menyembuhkan borok dan bisul. Oleskan madu pada daerah yang terluka atau bisul selama 10 15 menit dan kemudian cuci dengan air bersih. Ulangi olesan madu ini 2 3 kali sehari. Madu memiliki sifat anti inflamasi yang mengurangi peradangan bisul dan mengurangi rasa sakit, serta mengurangi infeksi.

Buat pasta kunyit dan air, lalu oleskan di area borok atau bisul atau luka, dan diamkan hingga mengering. Lalu, bersihkan olesan kunyit itu menggunakan air hangat. Ulangi metode ini dua kali sehari. Kunyit bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka borok atau bisul.

Karena mengandung antioksidan bernama kurkumin yang mengurangi bisul dan membantu memulihkan luka dengan cepat. Campur cuka sari apel dengan air hangat, kemudian masukkan kain bersih dan rendam. Kemudian, kompres borok atau bisul dengan kain yang sudah direndam dengan cuka sari apel dan air selama 10 15 menit. Ulangi metode ini dua kali sehari.

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati luka dan bisul karena mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperbaiki infeksi mikroba Garam epsom terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk mengobati luka borok atau bisul. Garam ini dapat membantu menguras nanah dan menyebabkan bisul mengering.

Untuk memanfaatkannya, larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area yang muncul bisul selama 20 menit. Lakukan ini setidaknya 3 kali sehari sampai bisul hilang.

Minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat. Senyawa ini bersifat anti inflamasi yang kuat. Minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri yang kuat, sehingga membuatnya menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati borok dan bisul. Oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bagian bisul setidaknya 3 kali sehari sampai hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *