aifpunews.com

media informasi masa kini

Akhirnya Mati Hiu Tutul Panjang 7 Meter Terdampar di Pantai Pesisir Selatan Sumbar Diduga Sakit

Seekor ikan hiu tutul terdampar di bibir pantai Muaro Batang Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, Senin (26/10/2020). Nelayan setempat lalu berusaha mendorong hiu tutul itu untuk kembali ke tengah laut. Meski sudah didorong ke tengah, hiu tutul tersebut kembali lagi ke bibir pantai.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pesisir Selatan, Andi Syafinal mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya hiu tutul tersebut terdampar sekitar pukul 11.00 WIB. Hiu tutul tersebut memiliki panjang sekitar 7 meter. "Itu ikan hiu tutul yang memiliki panjang 7 meter dan memiliki tubuh dengan diameter 1,5 meter," kata Andi.

"Ikan itu datang saja ke tepi pantai, tapi didorong ke tengah tidak mau," lanjutnya. Setelah berhasil ke tengah atau lokasi laut yang dalam, hiu tutul tersebut terus kembali ke tepian. Andi Syafinal mengatakan, pada akhirnya hiu tutul tersebut mati di tepi pantai.

Hiu tutul itu diduga sedang sakit hingga lari ke bibir pantai. "Awalnya masih hidup, rata rata ikan yang sudah merapat ke bibir pantai itu akhirnya mati. Diduga itu ikan sakit yang lepas dari gerombolannya," jelas Andi. Ia menyebutkan, ikan dalam kondisi tersebut memang sudah tidak baik.

"Karena itulah setiap didorong ikan tersebut tidak mau," katanya. Ia menjelaskan, saat ini tim dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) melakukan pengecekan ke lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *