aifpunews.com

media informasi masa kini

Cara Membuat Nomor Halaman dengan Berbeda Format di Microsoft Word

Berikut ini cara membuat nomor halaman dengan format berbeda di Microsoft Word. Nomor halaman merupakan bagian yang wajib ada pada buku, makalah atau karya tulis lainnya. Dalam penyusunaannya, penulisan nomor halaman pada bagian pendahuluan seperti cover, daftar isi hingga kata pengantar biasanya memiliki format yang berbeda dengan nomor halaman bagian isi.

Lalu bagaimana cara membuat format halaman yang berbeda tersebut? Microsoft Word memiliki fitur yang memungkinkan penulis untuk menyusun nomor halaman dengan format yang berbeda. 1. Letakkan kursor di antara bagian pendahuluan dan isi yang akan diberi nomor berbeda.

Anda bisa memilih salah satu di antara bagian akhir pendahuluan atau bagian awal isi. 2. Klik , pilih , lalu . Seperti pada gambar berikut.

3. Doble klik pada bagian header/footer halaman awal isi (halaman setelah page break) yang ingin Anda beri nomor halaman. Setelah Anda klik bagian tersebut, Microsoft Word akan otomatis menampilkan header atau footer. 4. Klik untuk berhenti menautkan atau memutuskan hubungan antara bagian pendahuluan dan isi.

Dengan demikian, bagian header/footer bagian isi akan terpisah dari header/footer bagian pendahuluan. Header dan footer ditautkan secara terpisah, jadi jika nomor halaman Anda ada di header, nonaktifkan penautan untuk header. Jika nomor halaman Anda ada di footer, nonaktifkan penautan untuk footer.

Lakukan langkah yang sama di bagian footer atau header, tergantung di mana nomor halaman Anda berada. 5. Tambahkan nomor halaman Letakkan kursor pada header/footer, pilih .

Microsoft Word akan menampilkan dialog sebagai berikut untuk menentukan posisi nomor halaman, bisa pilih kanan, kiri atau tengah. 6. Untuk memilih format atau untuk mengontrol nomor halaman awal, klik , lalu klik . Anda akan dihadapkan pada tampilan format nomor halaman berikut.

7. Jika ingin mengubah gaya penomoran, pilih gaya lain dalam menu 8. Jika ingin menentukan nomor halaman awal dari bagian yang baru dibuat, pilih , lalu masukkan nomor halaman yang Anda iginkan. 9. Klik Ok untuk menyimpan perubahan perngaturan yang telah Anda buat.

Lalu tutup Format Page Numbers. 10. Jika Anda sudah selesai mengubah dan mengatur halaman, klik .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *