aifpunews.com

media informasi masa kini

di Dalamnya Tertanam Chip Kelebihan E-Paspor Dibanding Paspor Biasa

Indonesia memiliki dua jenis paspor yakni paspor biasa (non elektronik) dan paspor elektronik (e paspor). Ke dua paspor ini memiliki karakteristik dan kelebihan masing masing. Paspor tentunya memiliki manfaat lebih dibanding paspor biasa.

Ini dikarenakan dalam e paspor tertanam chip. Chip ini bisa dipakai untuk antrian autogate di Bandara Soekarno Hatta, sehingga traveler tidak perlu mengantri di konter konter imigrasi dan cukup scan di mesin. Lalu apaitu e paspor dan kelebihannya dibandingkan paspor biasa?

Paspor adalah paspor yang dilengkapi dengan chip yang memuat data biometrik dan mencakup sidik jari serta bentuk wajah pemilik paspor. Berikut kelebihan e paspor yang wajib traveler ketahui: Bagi pemegang e paspor akan diberi kemudahan yaitu dapat dikenali dengan lebih cepat melalui pemindaian pada mesin autogate bandara.

Sehingga pemegang e paspor tidak perlu mengunjungi atau melapor terlebih dahulu ke konter imigrasi di bandara. Hal tersebut dikarenakan dalam e paspor telah ditanam sebuah chip yang memuat data biometrik mencakup sidik jari dan bentuk wajah pemilik paspor. Kelebihan dari e paspor lainnya yakni traveler yang ingin bepergian ke Jepang, tidak perlu membuat visa.

Pemegang e paspor cukup melaporkan diri ke Kedutaan Besar Jepang untuk membuat registrasi kedatangan. Berikut daftar kantor imigrasi di seluruh Indonesia yang sudah melayani permohonan paspor elektronik, di antaranya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *