aifpunews.com

media informasi masa kini

Gelombang Krisis Barcelona Semakin Besar Josep Bartomeu Dituduh Korupsi

Permasalahan yang menimpa Barcelona semakin hari justru semakin pelik, terbaru nama Josep Bartomeu dikabarkan terseret dalam skandal korupsi. Bartomeu yang menjabat sebagai Presiden Barcelona dituduh melalukan korupsi karena mengambil keuntungan pribadi dari segala transaksi atas nama klub. Kabar yang menginformasikan bahwa Bartomeu terindikasi melakukan korupsi dan akan segera diselidiki oleh pihak kepolisian disampaikan surat kabar yang berbasis di Spanyol, El Mundo Deportivo.

Dalam pemberitaan tersebut, kepolisian Catalan telah mengajukan laporan kepada hakim yang menyelidiki perekrutan konsultan media bernama I3 Ventures. I3 Ventures sendiri disebutkan seperti buzzer yang disewa oleh Barcelona. Barcelona menggunakan I3 Ventures itu untuk membersihkan citra presiden Bartomeu, sekaligus "menyerang" pihak pihak yang tak sejalan dengan mereka.

Masalahnya, yang diserang Bartomeu ini termasuk pemain Barcelona sendiri, yakni Lionel Messi, dan Gerard Pique. Beberapa legenda Barca, seperti Xavi Hernandez, Carles Puyol, dan Pep Guardiola juga diserang, termasuk calon presiden Barcelona, Agusti Benedito dan Victor Font. Sekarang, muncul kabar bahwa Bartomeu membayar pihak ketiga ini enam kali lebih besar daripada harga normal.

Transaksi itu kemudian yang saat ini sedang diselidiki oleh kepolisan Catalan. Alhasil, Bartomeu bisa saja melakukan korupsi dengan mengambil keuntungan dari uang pembayaran tersebut. Pada Februari lalu, Barcelona pernah diselidiki atas kasus yang sama. Akan tetapi, kemudian dinyatakan tidak bersalah.

Kubu Barcelona juga selalu membantah tuduhan menggunakan pihak ketiga untuk mencemarkan nama baik pihak pihak tertetntu. Situasi kemungkinan terjeratnya Bartomeu dalam kasus tersebut tentu semakin membuat krisis yang dialami Barcelona semakin pelik situasinya. Hal ini dikarenakan Barcelona telah ditimpa banyak masalah mulai dari pemecatan Quique Setien, Eric Abidal, hingga isu hengkangnya para pemain bintang seperti Lionel Messi hingga Luis Suarez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *