aifpunews.com

media informasi masa kini

Gunakan Aluminium hingga Cari Alternatif Bungkus Kado 10 Cara Mudah buat Go Green di Tahun 2021

Berbagai peristiwa akibat cuaca ekstrem mengalami peningkatan. Banjir, kebakaran hutan, hingga badai telah terjadi pada 2020. Di tahun 2021 ini, saatnya menciptakan lingkungan yang lebih baik melalui Go Green.

Selain memberikan dampak yang positif pada lingkungan dan makhluk lain, Go Green juga dapat menghemat uangmu. Berikut 10 cara mudah untuk Go Green di tahun 2021, dilansir : Tahukah kamu, bahwa mendaur ulang satu aluminium setara dengan menghemat energi menyalakan televisi selama tiga jam?

Bahkan, menurut Action Recycling Center di Colorado, jumlah energi yang tersimpan dalam satu tahun dari daur ulang kaleng aluminium di Amerika Serikat bisa menerangi seluruh kota Denver selama lebih dari 10 tahun. Sebab, aluminium dapat didaur ulang tanpa batas, yang menjadikannya wadah ideal. Pikirkan seberapa besar dampaknya jika kita mendaur ulang lebih banyak kaleng aluminium.

Penggunaan plastik sekali pakai seperti botol plastik, sedotan, dan tas belanja memiliki dampak yang besar pada lingkungan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan botol yang dapat digunakan kembali, seperti tumbler. Gunakan botol sekali pakai hanya dalam keadaan mendesak, atau jika kamu lupa membawa tumbler.

Selain itu, kamu juga bisa menolak menerima sedotan saat berada di tempat makan atau membeli minuman. Langkah ini dapat mengurangi plastik di lautan. Kamu juga bisa membawa tas belanjaan sendiri dari rumah, atau meminta kantong kertas yang dapat didaur ulang.

Saat ini, manusia hidup dengan tidak terlepas dari perangkat teknologi. Namun, kamu bisa meminimalkan penggunaannya dengan tidak menggunakan alat, seperti AC dan televisi, saat tidak berada di dalam ruangan. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan lampu saat tidak digunakan, begitu pula dengan alat elektronik lainnya.

Jika kamu memiliki mesin pencuci piring, jangan mencucinya secara manual sebelum memasukannya ke mesin pencuci. Pasalnya, tidak menggunakan air sebelum memasukkan piring ke mesin pencuci dapat menghemat 150 miliar galon air hanya dalam satu tahun, menurut Reckitt Benckiser, perusahaan induk merek Finish. Jumlah itu setara dengan 230.000 kolam renang Olimpiade.

Pastikan dirimu menggunakan sesedikit mungkin air, sebelum menggosoknya dengan spons dan membilasnya. Ada beberapa cara untuk menjadikan rumahmu lebih hemat energi. Jika kamu memiliki pemanas di rumah, sesuaikan suhunya apabila kamu tidak sedang berada di rumah.

Cara lainnya adalah dengan mengganti bohlam lama dengan yang lebih efisien. Meskipun mungkin sedikit lebih mahal, mengganti bohlam lama akan menghemat uangmu dalam jangka panjang. Biasanya, bohlam yang lebih hemat energi akan bersinar lebih terang, jadi kamu tidak perlu menyalakan banyak lampu.

Selain itu, lampu ini dapat bertahan hingga lima kali lebih lama dari bola lampu biasa, sehingga kamu tidak perlu terlalu sering menggantinya. Menambahkan sekat atau jendela berpanel ganda juga dapat membuat rumahmu lebih efisien karena pemanas dan AC tidak perlu bekerja terlalu sering. Kamu dapat mengurangi limbah kertas dengan meminta tanda terima via e mail .

Banyak perusahaan yang sekarang menawarkan tanda terima dalam bentuk e mail sebagai opsi sekunder, seperti Apple, Macy's, dan Home Depot. Tanda terima e mail juga mudah untuk dicari, dibandingkan kertas yang sering terselip. Cara mudah lain untuk mengurangi limbah kertas adalah dengan membayar tagihan secara online , jika memungkinkan.

Kamu dapat berkebun, menanam berbagai buah dan sayuran di halaman belakang rumahmu. Jika tidak ada halaman belakang, kamu juga bisa memiliki beberapa pot tanaman kecil di dalam rumah. Apa pun itu, kamu akan mendapatkan manfaat dari lingkungan.

Sebagai permulaan, jika kamu menanam pohon, bunga, atau menempatkan tanaman hias dalam pot di rumah, tambahkan sumber daya alam yang mengurangi karbon dan menghasilkan oksigen. Menanam tumbuhan dibandingkan membeli produk dapat menghemat uangmu sekaligus mengurangi jejak karbon. Untuk para pencinta kopi, coffee filter dan coffee pod sangat penting dalam membuat kopi.

Kamu dapat menggantinya dengan menggunakan cangkir kopi yang dapat digunakan kembali. Cara ini dapat mengurangi limbah yang menumpuk. Beberapa bungkus kado dapat didaur ulang jika tidak menggunakan foil , glitter , atau bahan tambahan lainnya yang mengganggu proses daur ulang.

Di samping itu, ada banyak alternatif lain untuk membungkus kado. Keranjang dari bahan alami dapat menjadi alternatif yang bagus. Tidak hanya cantik, tetapi juga mudah dibawa.

Kain dan syal bekas juga bisa menjadi alternatif yang cantik. Namun, jika kamu lebih suka kertas, cobalah dengan tas belanja dari kertas, kertas tisu, kertas kalender bekas, atau bahkan koran. Sisa sisa buah dan sayuran, kulit telur, dan ampas kopi biasanya berakhir di tempat sampah.

Namun ternyata, sisa sisa itu bisa didaur ulang menjadi kompos, lho! Pengomposan dapat mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Kompos juga menciptakan tanah yang kaya nutrisi.

Kendala terbesar bagi banyak orang saat membuat kompos adalah baunya. Jika rumahmu masih memiliki area kosong di luar, pindahkan kompos ke situ. Selain itu, saat mengumpulkan kompos di dalam rumahmu, gunakan wadah dengan penutup atau segel agar dapurmu tidak berbau, hingga kamu bisa memasukkan barang barang tersebut ke dalam komposter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *