aifpunews.com

media informasi masa kini

Hindari Makanan Cepat Saji & Perbanyak Protein Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat

Kekurangan berat badan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Menjadi kurus didefinisikan sebagai memiliki indeks massa tubuh (BMI) di bawah 18,5. Ini diperkirakan kurang dari massa tubuh yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan yang optimal.

Sebaliknya, lebih dari 25 dianggap kelebihan berat badan dan lebih dari 30 dianggap obesitas. Namun perlu diingat bahwa ada banyak masalah dengan skala BMI, yang hanya melihat berat badan dan tinggi badan saja. namun tidak memperhitungkan massa otot. Beberapa orang secara alami sangat kurus tetapi tetap sehat.

Menjadi kurus menurut skala ini tidak selalu berarti kamu memiliki masalah kesehatan Jika kamu ingin menambah berat badan, sangat penting untuk melakukannya dengan benar. Makan soda dan donat secara berlebihan dapat membantumu menambah berat badan, tetapi pada saat yang sama dapat merusak kesehatan.

Jika kamu kekurangan berat badan, kamu ingin mendapatkan massa otot dan lemak subkutan yang seimbang. Ada banyak orang dengan berat badan normal yang menderita diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lain yang sering dikaitkan dengan obesitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk makan makanan sehat dan menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan .

Hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk menambah berat badan adalah menciptakan surplus kalori, artinya kamu makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh. Kamu dapat menentukan kebutuhan kalori menggunakan kalkulator kalori ini . Jika kamu ingin menambah berat badan secara perlahan dan mantap, targetkan 300 500 kalori lebih banyak daripada yang kamu bakar setiap hari.

Jika kamu ingin menambah berat badan dengan cepat, targetkan sekitar 700–1.000 kalori per hari. Ingatlah bahwa kalkulator kalori hanya memberikan perkiraan. Kebutuhan setiap orang mungkin berbeda beberapa ratus kalori per hari.

Nutrisi terpenting untuk menambah berat badan yang sehat adalah protein . Otot terbuat dari protein dan tanpanya sebagian besar kalori ekstra tersebut akan berakhir sebagai lemak tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa selama periode makan berlebihan, diet tinggi protein menyebabkan banyak kalori ekstra diubah menjadi otot.

Namun, perlu diingat bahwa protein adalah pedang bermata dua. Ini juga sangat mengenyangkan, yang dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan secara signifikan, membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup. Jika kamu mencoba menambah berat badan, targetkan 0,7–1 gram protein per pon berat badan (1,5–2,2 gram protein per kilogram).

Kamu bahkan bisa melebihi itu jika asupan kalori sangat tinggi. Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, kacang kacangan, dan lainnya. Banyak orang mencoba membatasi karbohidrat atau lemak saat mencoba menurunkan berat badan.

Ini adalah ide yang buruk jika tujuannya adalah menambah berat badan, karena akan mempersulit untuk mendapatkan cukup kalori. Makan banyak makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak untuk penambahan berat badan adalah prioritas. Yang terbaik adalah makan banyak protein, lemak, dan karbohidrat setiap kali makan.

Pastikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari dan coba tambahkan camilan padat energi bila memungkinkan. Sekali lagi, sangat penting untuk makan sebagian besar makanan utuh berbahan tunggal. Masalahnya, makanan ini cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan cepat saji olahan, sehingga lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.

Menggunakan banyak bumbu dan saus dapat membantu mengatasi hal ini. Semakin enak makanan, semakin mudah kamu memakannya. Selain itu, cobalah untuk menekankan makanan padat energi sebanyak mungkin.

Ini adalah makanan yang mengandung banyak kalori dibandingkan dengan beratnya. Sebaiknya hindari makan banyak sayuran jika ingin menambah berat badan adalah prioritas. Ini hanya menyisakan sedikit ruang untuk makanan padat energi.

Makan buah utuh tidak apa apa, tetapi coba tekankan buah yang tidak perlu terlalu banyak dikunyah, seperti pisang . Menggabungkan asupan kalori tinggi dengan latihan kekuatan berat adalah dua faktor terpenting. Meskipun demikian, ada beberapa strategi lain untuk menambah berat badan lebih cepat.

Berikut 8 tips lagi untuk menambah berat badan: 1. Jangan minum air sebelum makan. Ini bisa mengisi perut dan mempersulit untuk mendapatkan cukup kalori. 2. Makan lebih sering. Peras makanan atau camilan tambahan kapan pun Anda bisa, seperti sebelum tidur.

3. Minum susu. Minum susu murni untuk memuaskan dahaga adalah cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak protein dan kalori berkualitas tinggi. 4. Cobalah minuman shake penambah berat badan. Jika kamu benar benar kesulitan maka kamu dapat mencoba minuman shake penambah berat badan . Ini sangat tinggi protein, karbohidrat dan kalori. 5. Gunakan piring yang lebih besar. Gunakan piring besar jika kamumencoba menambah kalori, karena piring yang lebih kecil menyebabkan orang otomatis makan lebih sedikit.

6. Tambahkan krim ke kopi. Ini adalah cara sederhana untuk menambah lebih banyak kalori. 7. Dapatkan tidur yang berkualitas. Tidur dengan benar sangat penting untuk pertumbuhan otot. 8. Makan protein kamu terlebih dahulu dan sayuran terakhir. Jika memiliki makanan campuran di piring, makan makanan padat kalori dan kaya protein terlebih dahulu. Makan sayuran terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *