aifpunews.com

media informasi masa kini

Jadwal MotoGP Valencia – Ini Skenario Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir Juara Dunia

Jadwal MotoGP 2020 akhir pekan ini akan berlangsung MotoGP Valencia 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Seri ke 13 MotoGP 2020 di Valencia akan disiarkan Trans7 pada Minggu (15/11/2020) malam. Joan Mir bisa menjadi juara dunia MotoGP apabila menang dalam seri MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo.

Sebelumnya pada, seri ke 12 ajang balap Grand Prix bertajuk MotoGP Eropa 2020 telah selesai berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020). Kemenangan tersebut membuat Joan Mir mendapatkan poin 162, unggul dari Quartararo dan Alex Rins dengan 125 poin. Rider asal Suzuki Ecstar, Joan Mir berhasil menjadi yang tercepat dan diikuti oleh Alex Rins dan Pol Espargaro untuk posisi kedua dan ketiga pada gelaran MotoGP Eropa 2020.

Kemenangan ini akan membuat Joan Mir menjadi juara MotoGP 2020, apabila menjadi juara di MotoGP Valencia. Dengan MotoGP hanya menyisakan 2 seri tersisa yakni Valencia dan MotoGP Portugal, Joan Mir hanya butuh satu kemenangan untuk mengunci gelar juara. Perhitungannya, dengan 162 poin, apabila Joan Mir meraih kemenangan ia akan mengemas 25 poin tambahan.

Total 187 poin tidak akan terkejar oleh Quartararo atau Alex Rins yang berada di posisi kedua dan ketiga. Skenario lainnya adalah Joan Mir bisa menjadi juara apabila Joan Mir tidak keluar dari tiga besar di Race Valencia pada akhir pekan ini, sehingga Joan Mir setidaknya mendapatkan 175 poin dan hanya membutuhkan satu poin di race Portugal. Sebaliknya, beban berat ada di Alex Rins dan Quartararo, mereka harus memenangkan 2 seri tersisa sambil berharap, Joan Mir terpeleset dan 2 kali gagal finish.

Sebelumnya, Joan Mir juga memiliki tiga catatan unik setelah pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir berhasil meraih podium utama di MotoGP Eropa 2020. Terhitung dari musim 2017, tidak ada pembalap yang mampu mempertahankan dominasinya di MotoGP Eropa. Sebelumnya, Dani Pedrosa dari Repsol Honda mampu memenangi seri tersebut pada gelaran MotoGP 2017.

Kemudian di MotoGP 2018, terdapat juara baru di mana Andrea Dovizioso dari Ducati Corse merengkuh podium utama. Sedangkan musim lalu, Repsol Honda kembali berhasil meraih podium utama di MotoGP Eropa melalui Marc Marquez. Terbaru, Joan Mir memperpanjang catatan bahwa MotoGP Eropa sulit untuk dipertahankan alias back to back podium utama untuk seorang rider.

Dilansir dari , dengan berhasil juaranya Joan Mir, kini sang rider kian mempertegas posisinya di puncak klasemen. Tercatat, tambahan 25 angka membuat Mir kini mengoleksi 162 poin. Di mana urutan kedua dan ketiga menjadi milik Fabio Quartararo (125) dan Alex Rins (125). Joan Mir kini memiliki margin podin 37 angka dengan Quartararo maupun Alex Rins sebagai tandem satu timnya.

Sebelumnya, Joan Mir sempat menjadi bahan perbincangan banyak kalangan terkait peluang juara dunia. Ia sempat dikritik karena berhasil menduduki puncak klasemen namun sekalipun belum meraih kemenangan dalam 11 seri berlangsung. Namun dengan pembuktiannya di MotoGP Eropa 2020, Joan Mir kini telah dirasa komplit jika nantinya berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2020.

Fabio Quartararo (3 kali) 2. Franco Morbidelli (2 kali) 3. Danilo Petrucci (1 kali)

4. Brad Binder (1 kali) 5. Miguel Oluiverira (1 kali() 6. Maverick Vinales (1 kali)

7. Alex Rins (1 kali) 8. Andrea Dovizioso (1 kali) 9. Joan Mir (1 kali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *