aifpunews.com

media informasi masa kini

Kemenkes Ungkap Kendala yang Akan Dihadapi dalam Distribusi Vaksin Covid-19

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan, yang tak kalah penting lagi untuk dikomunikasikan ke masyarakat, ialah efektivitas vaksin. Menurut Oscar, vaksin yang efektif tentunya untuk melindungi individu individi dan juga masyarakat dari penularan penularan terhadap penyakit. Hal itu disampaikannya saat berdialog dengan Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro melalui tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/12/2020).

"Termasuk sosialiasi disiplin protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan," kata Oscar. Meski demikian, Oscar mengakui ada tantangan yang harus dihadapi pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi nasional kelak. Yakni, Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki tempat tempat yang memiliki akses tidak mudah.

Sehingga tenaga kesehatan butuh upaya yang besar untuk menjangkau daerah terpencil. Tantangan lain ialah jaringan cold chain atau rantai dingin. "Karena untuk mendistribusikan vaksin harus menggunakan perlakuan khusus," jelasnya. Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Pemerintah dr Reisa Brotoasmoro mengajak semua pihak untuk mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah berjuang melawan pandemi Covid 19 di garda terdepan.

Apresiasi dapat di lakukan dengan menerapkan disiplin 3M. "Saling peduli, saling dukung. Bersama kita bisa atasi pandemi," Ajak Reisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *