aifpunews.com

media informasi masa kini

Kemnaker Lakukan Upaya Mitigasi 7 Juta Pengangguran Capai 9

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan pengangguran di Indonesia telah mencapai 9,7 juta orang berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Meski sempat turun di awal tahun 2020, pengangguran di Indonesia kembali meningkat karena pandemi Covid 19 yang berdampak sangat besar untuk sektor ketenagakerjaan. “Pengangguran menurut data BPS 9,7 juta orang, seperti yang kita prediksi pengangguran kita tahun 2019 itu 7,50 juta orang. Februari 2020 pengangguran kita turun menjadi 6,9 juta orang. Karena pandemi Covid 19 ini data yang ada di Kemnaker yang terdata ada 2,1 juta orang,” ujar Ida di Jawa Timur, Jumat (6/11/2020).

Ida berujar pemerintah telah banyak melakukan upaya mitigasi untuk mengatasi dampak dari Covid 19 ini. Program program yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya ada di Kementerian Ketenagakerjaan tapi juga di luar kementerian ketenagakerjaan. “Padat karya diperluas, padat karya yang ada kementerian PUPR, di kementerian desa,” katanya.

Di Kementerian Ketenagakerjaan sendiri terus melakukan program peningkatan kompetensi melaluipelatihan pelatihan, serta memperluas kegiatan perluasan kesempatan kerja, Termasuk memperbanyak pelatihan pelatihan kewirausahaan “Untuk mengisi kekosongan banyaknya kesempatan kerja yang berkurang, serta pasar kerja yang belum begitu optimis, maka pilihan yang kita dorong memperbanyak pelatihan pelatihan kewirausahaan,” kata Ida

Untuk menangani Covid 19, Ida berujar pihaknya juga memberikan program jaring pengaman sosial, program padat karya produktif, padat karya infrastruktur, pelatihan kewirausahaan baik yang dilakukan di BLK maupun yang dilakukan secara langsung kelompok masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *