aifpunews.com

media informasi masa kini

Kepala Polisi RI Mengimbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menyatakan, kerumunan massa tanpa mengindahkan protokol kesehatan telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. "Terjadinya beberapa kerumunan massa tanpa protkol kesehatan menimbulkan keresahan di tengah tengah masyarakat, seperti yang disampaikan warga maupun beberapa organisasi masyarakat melalui berbagai media," kata Idham dalam konferesi pers yang disiarkan akun YouTube Kompas TV, Sabtu (14/11/2020). Idham pun mengimbau semua pihak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, termasuk menghindari kerumunan massa.

Ia mengingatkan, pandemi Covid 19 masih terjadi dan telah menyebabkan 457.735 orang di Indonesia terinfeksi Covid 19 dan 15.037 di antaranya meninggal dunia. "Saya mengimbau dalam suasana pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia saat ini agar semua pihak mematuhi protokol kesehatan dengan senantiasa memakai masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan massa," kata Idham. Idham menambahkan, protokol kesehatan harus senantiasa dijalankan untuk keselamatan bersama dan semua orang yang ada di Indonesia.

Menurut Idham, hanya dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan maka masyarakat akan terhindar dari Covid 19. Seperti diketahui, dalam sepekan terakhir, terdapat sejumlah peristiwa yang menyebabkan munculnya kerumunan massa. Salah satunya ialah kerumunan massa yang menyambut kedatangan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020).

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito pun berharap kerumunan massa tersebut tidak terulang lagi demi mencegah penularan virus corona. "Kami berharap kejadian kemarin adalah kejadian yang terakhir karena hal ini berimplikasi terhadap potensi penularan dan peningkatan kasus yang sangat besar," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020). Jemaah Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, membeludak, Sabtu (14/11/2020) malam.

Walhasil protokol menjaga jarak minimal satu meter sebagai upaya mencegah penularan virus Covid 19 tidak bisa diterapkan. Pantauan di lokasi sekira pukul 21:04 WIB, massa yang sebelumnya memadati Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat, sedikit demi sedikit telah mencapai sekitaran panggung acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Terlihat jemaah yang menghadiri acara Maulid Nabi membeludak.

Belum bisa diperkirakan berapa banyak massa yang menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW malam ini. Jumlah massa yang terlalu banyak membuat penerapan protokol menjaga jarak tidak bisa diterapkan. Setiap jemaah berdempetan satu dengan yang lain.

Jarak minimal 1 meter tidak bisa diterapkan. Meski demikian, semua jemaah yang hadir di acara Maulid Nabi Muhammad SAW ini mengenakan masker. Panitia acara Maulid pun sigap membagikan masker kepada yang tidak membawa.

Seperti diketahui, Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akan menggelar acara pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Shihab, Sabtu (14/11/2020) malam. Acara pernikahan itu digelar di kediaman Habib Rizieq di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, pada pukul 19.30 WIB. Selain acara pernikahan putri Habib Rizieq, panitia juga menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *