aifpunews.com

media informasi masa kini

Kunci Jawaban Tema 4 Buku Tematik Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 3 Hal 108 109 111 112 114 115

Simak kunci jawaban Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 untuk Kelas 5 SD halaman 108 109 111 112 114 115. Buku Tematik untuk Kelas 5 Tema 4 edisi revisi 2017 ini berjudul Sehat itu Penting. Subtema 3 dalam buku ini berjudul Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 3 di halaman 108 109 111 112 114 115. Kunci jawaban Tema 4 Buku Tematik Kelas 5 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Pagi ini Dayu dan teman satu kelasnya sedang mengikuti pelajaran tentang pantun.

Ibu Guru menjelaskan cara pembuatan pantun. Ibu Guru menjelaskan bahwa membuat pantun harus memperhatikan sajak dalam pantun. Misalnya, akhiran baris pertama adalah n maka baris ketiganya juga harus n. Jika akhiran baris keduanya t, maka akhiran baris keempatnya juga harus t seperti contoh pantun berikut. Jalan jalan dekat pohon, (akhiran baris adalah n) Tempat indah hijau rumput (akhir baris t) Pada Tuhan kita memohon, (akhiran baris adalah n) sesuai ajaran yang kita anut (akhir baris t) Bu Guru juga menjelaskan, bahwa membuat pantun harus memperhatikan amanat atau pesan dan nasihat yang ingin disampaikan kepada pembaca. Bu Guru menyontohkan sebuah pantun yang mengandung amanat ajakan kepada masyarakat untuk ikut bergotong royong. Berikut contoh pantunnya.

Siang siang makan buah dondong Rasa takut melihat besarnya ular Mari kita melakukan gotong royong Agar pekerjaan cepat kelar Gotong royong merupakan salah satu jenis tanggung jawab warga masyarakat. Apa sebenarnya gotong royong itu? Mengapa gotong royong menjadi tanggung jawab warga masyarakat? 1. Gotong royong adalah

Jawab: Gotong royong adalah bentuk kerja sama antara sejumlah orang dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna bagi kepentingan bersama. 2. Unsur unsur gotong royong meliputi Jawab: Unsur unsur gotong royong meliputi meliputi sukarela dan keikhlasan dari setiap orang, tanpa pamrih bekerja sama bagi kepentingan bersama.

3. Manfaat gotong royong adalah Jawab: Manfaat gotong royong adalah untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama, menumbuhkan sikap tolong menolong, kebersamaan antar sesama anggota masyarakat, serta lebih menghemat waktu. Buatlah kesimpulan dari bacaan tentang tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat! Tuliskan dalam kolom berikut!

Jawab: Tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat adalah sebagai berikut: Menjaga rasa persatuan dan pesatuan antar masyarakat. Menjaga ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat. Menghilangkan tindakan diskriminasi dalam kehidupan masyarakat. Meningkatkan rasa solidaritas terhadap sesama anggota masyarakat Prinsip utama dalam kehidupan bermasyarakat adalah mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi dan golongan. Prinsip ini dapat kamu wujudkan saat kamu bermusyawarah guna mengambil keputusan bersama dari seluruh warga masyarakat. Sudahkah masyarakat tempat tinggalmu melaksanakan prinsip mengutamakan kepentingan bersama dalam mengambil keputusan? Lakukan pengamatan terhadap pelaksanaan musyawarah dalam masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu! Amati sikap warga masyarakat dalam menerima pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapatnya. Amati pula sikap warga yang pendapatnya tidak diterima sebagai keputusan!

Tuliskan hasil pengamatanmu dalam kolom berikut agar dinilai Bapak/Ibu Guru. Jawab: Hasil pengamatan: musyawarah di tempat tinggal saya berjalan lancar dan dapat mencapai mufakat, karena para warga bisa saling menghargai dan menerima pendapat orang lain. Tanggung jawab seseorang sebagai warga msyarakat juga tecermin dari sikapnya dalam pergaulan di masyarakat. Orang yang bertanggung akan selalu berinteraksi baik terhadap anggota masyarakat lain dalam lingkungannya. Interaksi tersebut memiliki pengaruh besar terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia. Bagaimanakah bentuk interaksi sosial yang dibutuhkan dalam pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia?

Berdasarkan bacaan di atas, interaksi untuk memenuhi bidang apa yang pernah kamu lakukan? Sebagai contoh, kamu pernah ikut dalam kegiatan gotong royong di sekitar tempat tinggalmu. Dengan demikian kamu telah melakukan interaksi untuk memenuhi bidang moral. Cobalah tuliskan bentuk interaksimu dalam kolom berikut. Jawab: Bentuk Interaksi yang Pernah Saya Lakukan: 1. Bidang Ekonomi: m embayar barang belanjaan di kasir, m embeli pulsa elektronik di counter pulsa, m elakukan transaksi jual beli secara online, me lakukan tawar menawar di pasar. 2. Bidang Politik: m elakukan musyawarah kelas, m elakukan orasi untuk pemilihan Ketua Osis, b ergabung dan aktif dalam organisasi sekolah, i kut serta dalam Pemilihan Umum. 3. Bidang Sosial dan Budaya: m elakukan patungan/iuran kelas untuk membeli perlengkapan kelas, m embersihkan lingkungan sekolah secara bersama sama, m engikuti kerja bakti bersih desa. 4. Bidang Moral: m emuliakan kedua orangtua, b erperilaku dan bertutur kata penuh sopan santun, b erkata jujur kepada orang lain, m enghormati dan menghargai guru yang mengajar di kelas.

Selesai menjelaskan tentang amanat pantun, Bu Guru menutup pertemuan dengan memberikan pesan kepada peserta didik untuk berhati hati saat pulang sekolah. Bu Guru berpesan kepada peserta didik yang bersepeda seperti Siti agar tidak mengayuh sepeda dalam kecepatan tinggi karena jalanan ramai kendaraan besar. Setiap orang selalu melakukan interaksi dengan orang lain. Sekarang, coba kamu renungkan interaksi dalam bidang apa sajakah yang pernah kamu lakukan dengan orang lain? Coba kamu tuliskan pengalaman berinteraksimu dengan orang lain! Apakah dalam berinteraksi kamu menghadapi masalah? Tuliskan dalam kolom berikut! Diskusikan permasalahan berikut ini bersama orang tuamu di rumah!

Pada era globalisasi seperti saat ini, interaksi budaya semakin terbuka lebar. Bahkan, budaya daerah bisa berinteraksi dengan budaya luar negeri. Bagaimanakah upaya yang dapat kamu lakukan, agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang belum tentu sesuai oleh pribadi bangsa Indonesia? Tuliskan hasil diskusimu bersama orang tua agar dinilai Bapak/Ibu Guru. Jawab: Agar budaya daerah tidak tergantikan dengan budaya luar negeri yang belum tentu sesuai oleh pribadi bangsa Indonesia, caranya adalah dengan memilah kebudayaan asing yang masuk, menerapkan kebudayaan daerah pada kehidupan sehari hari, dan melestarikan budaya daerah. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *