aifpunews.com

media informasi masa kini

Lima Cara Kerja SDWAN yang Penting Diketahui

SD-WAN merupakan salah satu teknologi yang sangat populer karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik dan memudahkan penggunanya. Anda bisa menggunakan teknologi ini untuk diterapkan di perusahaan atau bahkan organisasi yang berbasis IT.

 

Namun, sebelum Anda menggunakannya pastikan untuk mengenalnya terlebih dahulu karena teknologi ini memiliki cara kerja yang baik, serta banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah penjelasan terkait dengan cara kerja dan keunggulan dari teknologi tersebut.

 

Cara Kerja dan Keunggulan SDWAN

 

  •         Sebagai Manajemen Lalu Lintas Jaringan

Software-Defined WAN adalah teknologi yang mampu menjadi pengatur lalu lintas jaringan, yang sebelumnya berasal dari infrastruktur fisik dan menjadi hal yang menjadi dasarnya. Banyak orang juga yang mengenal jaringan ini dengan sebutan pengubah WAN.

 

Maksud dari pengubah WAN adalah jaringan ini mampu mengubah sistem statis yang memiliki pusat kepada perangkat keras menjadi ruang untuk layanan, dan bisa dipahami oleh perangkat lunak.

 

  •         Terenkripsi Menjadi Overlay

Cara kerja jaringan ini terbentuk dari adanya terowongan terenkripsi diantara beberapa situs. Situs tersebut biasanya dilengkapi dengan bagian dari jaringan ini dan bisa terhubung dengan sistem lokal. Hal tersebut membuat perangkat tersebut mengunduh kebijakan konfigurasi.

 

Selain itu, perangkat tersebut mampu mengunduh lalu lintas yang telah terpilih secara khusus dalam membuat terowongan, sehingga menjadi titik hadir atau PoP. Proses ini juga tergantung dengan arsitektur data yang ada.

 

  •         Pengelola Masuk Keluar Data

Proses lalu lintas data terkontrol oleh Software-Defined WAN, yang kemudian dialihkan kepada jalur yang panjang secara optimal berdasarkan kebijakan konfigurasi pada aplikasi. Hal yang bagusnya adalah kondisi lalu lintas dalam real-time.

 

Dalam artian jika ada satu mil koneksi yang gagal pada sistem, maka teknologi tersebut akan secara otomatis tidak bisa terkoneksi kepada koneksi alternatif. Dengan begitu kebijakan pra-konfigurasi dilakukan dalam mengelola beban dari lalu lintas data tersebut.

 

  •         Manajemen Berbasis Kebijakan

Penjelasan di atas menggambarkan manajemen berbasis kebijakan pada Software-Defined WAN menjadi cara kerja utama dalam proses penggunaannya. Kebijakan yang digunakan juga bisa menemukan berbagai jalur alternatif yang dinamis dan mampu mengarahkan lalu lintasnya.

 

Proses tersebut akan membawa lalu lintas data kepada masing-masing tingkat prioritasnya. Contohnya adalah pada layanan (QoS) yang bisa diberikan kepada proses tersebut. Proses ini mampu menghasilkan berbagai kebijakan yang dapat disusun untuk memenuhi kebutuhan.

 

Kebutuhan tersebut akan tergantung dengan tujuan dari organisasi atau perusahaan berbasis IT yang menggunakan data ini. Contohnya adalah dengan menghasilkan prioritas transisi dalam memenuhi VoIP, dan pelayanan timbal balik dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

 

  •         Menjadi Arsitektur WAN Virtual

SDWAN mampu membuat perusahaan untuk menggunakan berbagai proses transportasi data berbeda, termasuk pada penggunaan koneksi internet broadband. Hal tersebut yang membuat teknologi ini lebih fleksibel.

 

Cara kerja dari teknologi di atas pasti menarik jika Anda memahaminya dengan baik. Anda harus memastikan terlebih dahulu kebutuhan perusahaan sebelum menggunakan Software-Defined WAN sebagai jaringan.

 

sumber :

https://id.icg.asia/blog/how-does-sd-wan-work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *