aifpunews.com

media informasi masa kini

Mekanisme Vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat Umum akan Sama dengan Nakes

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa mekanisme vaksinasi kepada masyarakat umum nantinya akan sama dengan vaksinasi kepada tenaga kesehatan. Dalam memberikan vaksin kepada masyarakat umum, pemerintah akan menggunakan sistem satu data. "Untuk mekanisme vaksinasi masyarakat umum, ini nantinya menggunakan sistem satu data vaksinasi Covid 19 yang merupakan kerjasama antara Telkom, kominfo BPJS, Kemenkes dan Kemenko Perekonomian," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Nantinya sebelum vaksinasi, masyarakat akan menerima undangan lewat SMS. Setelah itu masyarakat diminta melakukan registrasi untuk mendapatkan vaksin. "Sama halnya dengan vaksinasi pada tenaga kesehatan, masyarakat juga akan menerima undangan lewat SMS dan selanjutnya dapat melakukan registrasi sebelum menerima vaksinasi," katanya.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan 181,5 juta penduduk Indonesia menjadi sasaran penerima vaksin Covid 19. Vaksinasi Covid 19 dilakukan berjenjang dan bertahap sesuai dengan tingkat risiko penularan dan ketersediaan vaksin. Dalam tahap pertama, 1,5 juta tenaga kesehatan dan SDM pendukung kesehatan menerima vaksin Covid 19 mulai Januari hingga akhir Februari ini.

Kemudian, tahap kedua adalah petugas pelayanan publik dimulai Maret, disusul lansia serta masyarakat umum pada April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *