aifpunews.com

media informasi masa kini

Memperbaiki Sendiri Lampu Emeregency

Memiliki lampu emeregency memang sebuah keharusan jika kita tinggal di lokasi yang sering terjadi pemadaman listrik. Bukan hanya lebih aman dari pada menyulut lilin, menyediakan lampu jenis ini jauh lebih praktis, tinggal kita cas, simpan, dan sewaktu-waktu dapat kita gunakan hanya dengan memencet saklar. Akan tetapi, tidak jarang kita mendapati lampu ini mati, dan tidak dapat dipakai lagi. Untuk itu, berikut Tehnogadget sajikan cara mudah memperbaiki sendiri lampu emeregency.

Pada dasarnya, memiliki lampu emeregency untuk kepentingan-kepentingan darurat mengharuskan kita melakukan langkah-langkah berikut:

Pemakaian

Meski secara teknis, lampu emeregency ini praktis digunakan, pemakaiannya tidak boleh sembarangan. Kita harus menjauhkannya dari air masuk maupun suhu-suhu ekstrim, khususnya ketika kita manfaatkan untuk naik gunung, yang rata-rata memiliki tingkat suhu dibawah 10 derajat. Suhu tersebut dapat saja mempengaruhi daya penyimpanan sel-sel dalam baterai sehingga mudah drop. Selain itu, jangan terlalu sering mengecas baterai lampu ini hanya untuk memperoleh cahaya penerangannya yang maksimal. Usahakan memakainya hingga baterai hampir habis dan mengecasnya hingga penuh.

Perawatan

Perawatan lampu emeregency dapat dilakukan dengan membersihkannya setiap kali akan dan selesai dipakai. Rangkaian elektronik yang ada didalamnya akan mengalami penurunan fungsi pada pemakaian yang cukup lama, termasuk baterainya. Lakukan pengecasan ketika daya baterai sudah mau habis dan biarkan pengecasan tersebut berjalan semestinya hingga baterai penuh (tidak menghentikan proses pengecasan secara sembarangan).

Penggantian

Pada dasarnya, lampu emeregency saat ini terdiri dari baterai yang dapat dicas, rangkaian elektronik, dan lampu. Ketiga komponen utama ini umumnya yang dapat diganti hanya baterai serta lampu. Jika tiba-tiba mati, kita dapat mengecek apakah lampunya atau baterainya telah soak. Penggantian dapat saja dilakukan dengan membeli spare part tersebut di toko-toko elektronik yang menyediakannya.

Itulah tiga langkah utama memperbaiki sendiri lampu emeregency. Selain fungsinya yang kadang sangat vital, lampu emeregency dapat saja menjadi penghias ruangan yang tentunya memerlukan perlakuan serta perawatan khusus. Tanpa perawatan dan pemakaian yang baik, alat ini tidak akan dapat difungsikan secara optimal. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *