aifpunews.com

media informasi masa kini

Pemain Muda Kedua Spanyol Sejak 1936 Wonderkid Barcelona Lewati Catatan Bojan Krkic

Wonderkid Barcelona Ansu Fati tercatat dalam buku sejarah Spanyol setelah malam tadi timnya menghadapi Jerman dalam lanjutuan UEFA Nations League. Dalam kesempatan ini, Ansu Fati turun di babak kedua, menggantikan pemain veteran sekaligus kapten tim Sevilla Jesus Navas pada menit ke 46. Pergantian tersebut menjadikan Ansu Fati pemain ke 800 yang bermain untuk Timnas Spanyol.

Tak hanya itu, Ansu Fati juga berhasil mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang bermain bersama tim senior Spanyol. Saat melawan Jerman di Mercedes Benz Arena, Ansu Fati baru berusia 17 tahun 308 hari, dilansir Goal Internasional. Dia mengambil alih status pemain termuda kedua Spanyol yang sebelumnya dipegang Bojan Kricic.

Bintang remaja Barcelona itu menjadi debutan termuda Spanyol sejak terakhir kali terjadi pada 1936. Ansu Fati merupakan pemain jebolan La Masia Barcelona. Dia menjalani debut untuk tim berjuluk Blaugrana tersebut dalam usia 16 tahun 298 hari, pada 25 Agustus 2019 saat melawan Real Betis.

Pada musim pertamanya bersama Barcelona, dia tampil dalam 33 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 8 gol. Penampilannya tersebut membuat Luis Enrique yang menjabat sebagai juru taktik Spanyol menggunakan jasa Ansu Fati. Mantan pelatih Barcelona itu pun tak enggan memberikan debutan pertama untuk Ansu Fati, yang kini tercatat sebagai pemain termuda kedua Spanyol di level senior.

Jauh sebelum itu, pada tahun 1936, Angel Zubieta tercatat sebagi pemain muda pertama La Roja julukan Spanyol . Angel Zubieta yang banyak menghabiskan karier sepak bolanya di Argentina untuk San Lorenzo adalah wujud melarikan diri dari daerah asalnya di Bilbao karena saat itu Spaanyol tengah perang saudara. Dia memulai debut bersama timnas senior Spanyol di usia 17 tahun 284 hari saat melawan Cekoslowakia pada April 1936.

Umur Zubieta dengan timnas senior Spanyol tak lama, sebelum pecahnya konflik negara tersebut. Setelah Zubieta, Bojan Kricic yang juga mantan pemain Barcelona pernah mencatatkan diri sebagai pemain termuda kedua pada 2008. Dia melakukan debut internasionalnya pada usia 18 tahun 13 hari.

Sebelum akhirnya dilewati Ansu Fati saat Spanyol berain imbang dengan Jerman d UEFA National League. Laga Spanyol vs Jerman dalam lanjutan UEFA National League berkesudahan dengan skor 1 1. Di mana gol Jerman membuka keunggulan melalui Timo Werner, sementara gol balasan Spanyol baru tercipta di akhir pertandingan melalui Jose Luis Gaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *