aifpunews.com

media informasi masa kini

Perguruan Tinggi wajib Kerjasama dengan Industri buat Hasilkan Terobosan Kemendikbud

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengajak perguruan tinggi untuk berkolaborasi dengan dunia industri. Nizam mengatakan kolaborasi antara kedua bakal menghasilkan terobosan baru di dunia riset. “Demi menghasilkan terobosan baru perguruan tinggi dan tidak tertinggal di dunia kerja dan industri dari negara lain, kita harus bergandengan tangan antara perguruan tinggi, dunia industri dan dunia kerja dengan mata rantai yang sudah tersambung," tutur Nizam melalui keterangan tertulis, Senin (1/2/2021).

Dirintamengungkapkan perguruan tinggi perlu melakukan tinjauan ulang untuk menyiapkan kompetensi mahasiswa, agar ketika lulus tidak terpisah dari kemajuan teknologi dan ekonomi. Menurutnya, Indonesia sudah sangat unggul dalam kategori digital sehingga diharuskan lebih mendorong lahirnya inovasi perguruan tinggi. Sehingga dapat mengungkit perekonomian dan kemajuan bangsa, sehingga tidak tertinggal dari negara lain. Nizam mengungkapkan bahwa Kemendikbud menyediakan skema pendanaan hilirisasi penelitian Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) di perguruan tinggi melalui Kedaireka yang merupakan ekosistem reka cipta untuk membangun bangsa.

"Kedaireka dan Kampus Merdeka mampu membantu sebagai tempat atau wadah pelatihan bagi perguruan tinggi dengan kinerja utama yang telah ditetapkan dan akan dipertemukan dengan dunia industri," tutur Nizam. Dirinya menyontohkan hasil penemuan alat tes Covid 19 dari Universitas Gadjah Mada, yakni GeNose. Menurutnya, kehadiran GeNose mampu menyadarkan bahwa hilirisasi penelitian juga bisa dilakukan secara gotong royong antar perguruan tinggi. Dalam konteks ini, Nizam mendorong LLDikti Wilayah V dan perguruan tinggi di lingkungannya bisa melakukan gotong royong saling memanfaatkan potensi yang ada.

“UGM yang telah memiliki Science Techno Park (STP) dan melahirkan GeNose bisa menjadi pintu untuk membantu hilirisasi perguruan tinggi lain di lingkungan APTISI V,” pungkas Nizam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *