aifpunews.com

media informasi masa kini

Saya Sangat Bangga VIRAL Prajurit TNI Iuran buat Bantu Membiayai Ibu yang Baru Melahirkan Dandim

Dandim 1625/Ngada, Letkol Czi Luqman Nur Hakim, turut menyampaikan tanggapannya terkait video viral prajurit TNI Kodim 1625 Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya, sebuah video yang merekam aksi Prabinsa Kodim 1625/Ngada saat mengumpulkan uang untuk membantu membiayai seorang ibu yang baru saja melahirkan viral di media sosial. Diketahui, bayi dari ibu tersebut juga membutuhkan perawatan khusus karena mengalami sesak napas.

Melihat aksi para Prabinsa Kodim 1625/Ngada tersebut, Luqman mengaku sangat bangga. Luqman pun berharap, video tersebut dapat mengajarkan pentingnya cinta kasih dan kepedulian terhadap orang yang membutuhkan. "Dan mengajak kita semua bisa belajar dari aksi Babinsa muda yang mengajarkan kita semua perlunya cinta kasih dan kepedulian kepada semua orang yang sedang kesulitan," sambungnya.

Luqman menambahkan, TNI memang memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat yang kesulitan. "Kita menyadari bahwa TNI berasal dari rakyat sehingga punya kewajiban mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya," tutur Luqman. "Yakinlah bahwa Tuhan akan meringankan masalah seseorang apabila orang tersebut meringankan masalah orang lain," tambahnya.

Lebih lanjut, Luqman pun mengungkapkan kisah lengkap dari aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Prabinsa Kodim 1625/Ngada tersebut. Luqman menuturkan, kejadian itu bermula saat Prabinsa Kodim 1625/Ngada yang bernama Prada Benediktus Raga melihat sebuah ambulans dari Rumah Sakit (RS) Manggarai Timur datang membawa pasien yang masih bayi. Saat itu, Benediktus sedang melaksanakan tes swab Covid 19 di RSUD Bejawa.

Benediktus kemudian mendekati ruang UGD dan bertemu dengan seorang pria yang tampak kebingungan. "Akhirnya Prada Benediktus Raga bertanya kepada bapak tersebut dan didapati bahwa bapak tersebut merupakan bapak dari bayi yang masuk UGD dengan mobil ambulans RS Manggarai Timur," jelas Luqman. Luqman melanjutkan, pria tersebut kemudian mengungkapkan bahwa dirinya kesulitan membayar biaya persalinan sang istri serta biaya perawatan bayinya.

"Bapak tersebut mengeluh mengenai biaya melahirkan dan biaya perawatan bayi tersebut karena bayi tersebut masih belum memiliki BPJS." "Di samping itu, juga penjelasan dari pihak RS Bajawa bahwa bayinya mengalami sakit dan harus segera dirawat," ungkap Luqman. Menurut Luqman, pada pukul 15.30 WITA, Benediktus berinisiatif memberi tahu teman teman seangkatannya yang sama sama sedang berada di RSUD Bejawa mengenai kondisi yang dialami keluarga tersebut.

Ia kemudian mengajak teman temannya untuk turut membantu memberikan sejumlah uang agar dapat meringankan beban keluarga sang bayi. Tak lama kemudian, uang sumbangan pun terkumpul dari 40 Prabinsa lainnya. Luqman menyebutkan, jumlah uang yang terkumpul dan disalurkan yakni sebesar Rp 1.710.000, .

Ia punmenegaskan, tindakan yang dilakukan Benediktus murni untuk membantu sesama dan tidak ada unsur rekayasa. Sebelumnya, sebuah video yang merekam aksi sejumlah prajurit TNI melakukan iuran beredar viral di media sosial. Diketahui dalam unggahan akun Twitter @kondekturbus_, para prajurit TNI tersebut mengumpulkan uanguntuk membantu seorang ibu yang baru melahirkan.

Dalam video tersebut, dua orang tentara tampak mengumpulkan uang yang disalurkan teman temannya. Disebutkan dalam unggahan, mereka merupakan para Prajurit Muda Kodim 1625 Ngada, yang tengah melakukan tes swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bejawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Sementara itu, seorang perekam video menuturkan, mereka tengah melakukan iuran untuk memberikan sumbangan suka rela guna membantu perawatan seorang bayi.

Ayahsang bayi menuturkan,anaknya baru saja lahir dan mengalami sesak napas. Unggahan yang dibagikan akun Twitter @kondekturbus_ itupun langsung mengundang perhatian warganet sejak diunggah pada Kamis (24/9/2020). Tak sedikit warganet yang memuji aksi para anggota TNI tersebut.

"Kejadian di Rumah Sakit Bajawa, Ngada, ketika para prajurit muda Kodim 1625 Ngada melaksanakan swab, ada seorg ibu yang baru melahirkan tapi kekurangan biaya, mereka dgn sukarela iuran untuk membantu. Hormat kami buat kalian semua," tulis @kondekturbus_. Hingga Jumat malam, video tersebut telah disukai lebih dari 12 ribu orang, dan dibagikan lebih dari 4.700 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *