aifpunews.com

media informasi masa kini

Senin Besok Amerika Serikat dari Vaksinasi Covid-19 

Amerika Serikat (AS) bersiap memulai program vaksinasi di seluruh negara bagian pada Senin (14/12/2020) waktu setempat. Distribusi vaksin dilakukan Minggu (13/12/2020) pagi, ketika perusahaan pelayaran UPS dan FedEx mulai mengirimkan vaksin Pfizer ke hampir 150 pusat distribusi di seluruh negara bagian. Hal itu disampaikan penanggungjawab Operation Warp Speed, program pengembangan vaksin pemerintahan Trump, Gustave Perna, seperti dilansir AP dan Channel News Asia, Minggu (13//12/2020).

“Tambahan 425 titik akan mendapatkan pengiriman Selasa, dan 66 sisanya pada hari Rabu,” ujar Perna. Awalnya, sekitar 3 juta dosis diperkirakan akan dikirim secara nasional. Sejauh ini masih belum diketahui persis siapa yang akan menerima suntikkan pertama vaksin di AS, meskipun petugas kesehatan dan penghuni panti jompo adalah prioritasnya.

Perna mengatakan otoritas kesehatan akan memutuskan hal itu. Pengumuman pada Sabtu (12/12/2020) menandakan dimulainya operasi logistik besar besaran yang melibatkan pemerintah federal dan negara bagian, perusahaan swasta dan pekerja perawatan kesehatan untuk dengan cepat mendistribusikan persediaan vaksin terbatas di seluruh AS. Ini membawa harapan baru di negara yang sedang bergulat dengan melonjaknya kasus infeksi dan kematian Covid 19.

Tantangan dalam distribusi utama vaksin, yang dikembangkan bersama dengan BioNTech, yakni harus disimpan dan dikirim pada suhu ultra rendah sekitar 94 derajat (70 derajat Celcius) di bawah nol. Pfizer telah mengembangkan kontainer pengiriman yang menggunakan untuk itu, dan sensor berkemampuan GPS yang akan memungkinkan perusahaan untuk melacak setiap pengiriman dan memastikannya tetap dingin. Lokasi distribusi terutama rumah sakit besar dan fasilitas lain yang dapat memenuhi persyaratan penyimpanan ultra dingin.

“Dalam waktu tiga minggu, vaksin harus dikirim ke semua titik pemberian vaksinasi yang diidentifikasi oleh negara bagian, seperti apotek lokal,” kata Perna. BPOM AS (FDA) mengesahkan penggunaan darurat vaksin pada Jumat (11/12/2020). FDA menemukan vaksin sangat protektif tanpa masalah keamanan utama.(AP/Channel News Asia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *