aifpunews.com

media informasi masa kini

Takut Gemuk Karena Makan Cokelat? Inilah 6 Manfaat Cokelat yang Perlu Anda Tahu

 

47720784 – bowl of melted chocolate on wooden table

Banyak orang enggan mengkonsumsi cokelat karena takut terkena masalah obesitas. Selama dikonsumsi dengan cara yang benar, cokelat bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Anda lebih baik. Anda tidak perlu khawatir bakal mengalami kegemukan bila menikmati kue, camilan atau permen dengan dasar coklat yang lezat. I MEI cocok menjadi camilan Anda saat kumpul bersama keluarga tanpa cemas mengalami kenaikan berat badan signifikan.

Ragam manfaat yang terkandung pada cokelat

Menikmati cokelat yang menghadirkan rasa legit yang enak memang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Ternyata cokelat bisa menghadirkan ragam manfaat untuk kesehatan yang harus Anda ketahui yaitu :

1.     Bisa meningkatkan mood lebih baik

Cokelat yang Anda konsumsi setiap hari bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik karena bisa merangsang otak melepaskan hormon endorfin. Hati Anda bisa menjadi lebih bahagia dan bebas risiko stress yang mengganggu kesehatan fisik dan psikis.

2.     Mengelola nafsu makan

Bukankah cokelat bisa membuat Anda mengalami kegemukan? Tentu saja Anda bakal gemuk bila mengkonsumsi camilan berbahan cokelat secara berlebihan. Konsumi I MEI sesuai porsi wajar tidak akan membuat Anda gemuk, malahan Anda bisa mengelola nafsu makan lebih maksimal. Cokelat bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak ingin menikmati makan besar sebelum jadwal yang ditentukan.

3.     Bisa menjaga kesehatan jantung

Ingin terbebas dari penyakit jantung dan risiko kardiovaskuler yang bisa melanda usia produktif dewasa ini? Mungkin Anda perlu memasukkan cokelat ke dalam menu harian Anda, ya! Kandungan flavonoid yang bisa menjadi antioksidan akan membuat tubuh bebas dari risiko radikal bebas dan melancarkan sistem aliran darah ke jantung dan otak, lho!

4.     Mengontrol kadar gula darah

Konsumsi cokelat yang masih dalam bentuk orisinal atau dark chocolate bisa memberikan manfaat resistensi insulin. Anda bisa mengontrol kadar gula dalam darah tetap aman dan bebas dari masalah diabetes. Tentu Anda harus tahu aturan konsumsi cokelat yang aman adalah tidak menambahkan pemanis tambahan atau gula buatan yang bisa berisiko meningkatkan kadar gula pada penderita penyakit diabetes mellitus.

5.     Meningkatkan fungsi otak

Pada orang yang sudah dewasa atau lanjut, risiko mengalami pikun sangat tinggi. Selain aktif melakukan kegiatan yang meningkatkan fokus dan konsentrasi, Anda bisa mengkonsumsi cokelat yang bisa mencegah demensia atau pikun. Hal ini dikarenakan flavonoid pada cokelat cukup tinggi sehingga bisa memelihara dan meningkatan fungsi otak tetap terjaga. Otak yang selalu fokus bisa meningkatkan produktivitas Anda di kantor atau lingkungan rumah semakin bagus.

6.     Mencegah kanker

Flavonoid pada cokelat memang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh Anda seperti mencegah peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, antioksidan pada cokelat bisa mencegah risiko Anda mengalami penyakit kanker atau mencegah perkembangan sel kanker lebih parah. Sebuah studi sudah membuktikan penelitian cokelat bisa menghambat sel kanker menyebar, tetapi Anda tetap harus membatasi konsumsi dalam jumlah sewajarnya saja.

Konsumsi cokelat yang berlebihan tentu menciptakan masalah kesehatan seperti kegemukan. Pada anak-anak, cokelat yang sudah mendapatkan tambahan pemanis bisa meningkatkan risiko sakit gigi atau carries. Batasi konsumsi cokelat menjadi cara terbaik menikmati aneka camilan I MEI berbasis cokelat yang lezat agar berat badan tetap ideal. Selain itu, membatasi asupan makan cokelat wajib dilakukan untuk pemilik kulit berminyak yang rawan berjerawat. Selama Anda tidak punya masalah kesehatan, ngemil cokelat saat santai sore di rumah, kenapa tidak?

 

Sumber

https://www.alodokter.com/mengambil-manfaat-cokelat-untuk-kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *