aifpunews.com

media informasi masa kini

Wagub Kalbar Ria Norsan Sembuh dari Covid-19

Setelah berjuang selama 3 minggu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H Ria Norsan telah dinyatakan negatif Covid 19 atau sembuh. Wagub Kalbar mengaku jika selama tiga minggu dinyatakan terkonfirmasi Covid 19. Pada minggu pertama hingga kedua sama sekali tak merasakan gejala apapun.

Meski menjalani rutinitas di rumah dinas karena harus menjalani isolasi mandiri, ia tetap menjalani rutinitas kerja, meski dilakukan dari rumah dinasnya dan tetap memantau pekerjaan via telepon selular. "Saya saat tau terkonfirmasi langsung ijin Gubernur Kalbar dan beliau bilang agar saya istirahat hingga sembuh. Dan karena saya tidak merasakan apapun saya jalani isolasi mandiri di rumah," ungkapnya, Kamis 29 Oktober 2020.

Ia juga telah melewati masa isolasi mandiri selama lebih dari dua minggu lamanya. Dirinya mengaku sempat merasa sesak yang berat hingga harus dilarikan ke RS Soedarso. "Paginya saya gowes dari jam 06.00 sampai jam 10.00 wib mungkin karena capek terjadilah serangan jantung.

Selama seminggu saya di RS Soedarso dan Alhamdulillah saya bisa kembali kerumah," ujarnya. Pada saat dirawat di ruang isolasi RSUD Soedarso ia menjelaskan jika ia tahu beberapa pejabat lainnya juga menjalani isolasi seperti Wakil Bupati Sujiwo dan satu Kepala Dinas yang juga harus dirawat karena terkonfirmasi Covid 19. "Sebenarnya tidak enak karena tidak bisa dijenguk, syukur Alhamdulilah jantung saya membaik sehingga bisa dirawat dirumah meski tetap harus menjalani isolasi mandiri dirumah dinas," tuturnya.

Saat kembali kerumah, iapun mengakui sempat merasakan "down" akibat beberapa orang, bahkan orang terdekat tak berani mendekatinya. "Tapi sayangertikalau orang takut, jangankan orang lain, lingkungan saya juga takut dekat saya. Makanya sakit ini sebenarnya mentalnya yang harus baik.

Fikiran positif jangan stres dan jangan mikir yang tidak baik. Karena fikiran dan mental berpengaruh," jelasnya. Fikiran dan mental, diakuinya sangat berpengaruh terutama mereka yang sedang menjalani masa isolasi karena dukungan dan doa dari banyak orang sehingga ia bisa menjalani isolasi mandiri dirumah dengan penuh semangat dan keyakinan sembuh.

"Benar saya sempat merasa semua menjauhi, tapi alhamdulillah dukungan istri anak anak dan cucu juga banyak yang mendoakan sehingga saya semangat menjalani isolasi mandiri," jelasnya. Meski sempat merasakan sedikit terganggu akibat fikiran dan reaksi orang sekitar, Ria Norsan kembali menemukan semangat untuk sehat dan terus mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. "Saya makan sayur dan buah buahan, minyak zaitun, semua herbal saya jalani termasuk makan yang tidak berlemak, kemudian berjemur sampai hitam kulit kemudian berolahraga.

Hasil yang saya peroleh adalah sehat," ujarnya. Sehingga dihasil Swab ketiga, saat Kadiskes Kalbar Harisson memberikan hasil dan menjelaskan jika virus sudah jauh turun diangka 5,1. Ia punmasih menjalani isolasi mandiri hingga pada 28 Oktober ia melakukan tes Swab di salah satu Klinik di Pontianak dan hasilnya sangat menggembirakan bahwasanya hasil swabnya dinyatakan negatif Covid 19.

"Untuk itu saya syukur karena hasil swab saya negatif sehingga di hari Senin mendatang saya siap bekerja membantu Gubernur Kalbar menjalani tugas melayani masyarakat," katanya. Iapun berpesan kepada seluruh masyarakat Kalbar jika sudah terkonfirmasi ataupun ada keluarga yang positif agar jangan panik dan jangan dijauhi. "Tetap patuhi protokol kesehatan, tetap didukung untuk sembuh, jangan panik dan harus yakin jika bisa sehat.

Berdoa terus sembari olahraga dan makan minum sehat, Insya Allah kita terbebas dari Covid 19," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *